Kamis, 14 Juni 2012



SANG KAJUR IKOM UMS


Rinasari Kusuma, S.Sos,  seorang wanita yang sekarang menjabat sebagai Ketua Jurusan Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Komunikasi dan Informatika Universitas Muhammadiyah Surakarta ini lahir di Sukoharjo, 27 Desember 1984. Beliau menjabat sebagai Ketua Jurusan Progdi Ilmu Komunikasi UMS sejak 2010 lalu. Wanita yang hobi menonton Film ini adalah pribadi yang supel, ceplas-ceplos dan tegas.
Buku “New Media” merupakan salah satu karya yang pernah ditulisnya. Walau bukan salah satu aktivis ketika mengenyam bangku perkuliahan, tetapi ternyata aura leader sudah ada dalam dirinya. Terbukti dengan posisinya sekarang sebagai Kepala Jurusan Program Studi Ilmu Komunikasi UMS.
Ada beberapa Mata kuliah yang diampu beliau, diantaranya KAPK (Komunikasi Antar Pribadi dan Kelompok), Komunikasi Budaya, Kritik Film dan TV, Jurnalistik Penyiaran, Teori Komunikasi, Produksi Program TV, serta Komunikasi Massa. Yang memang sesuai dengan bidang keahlian beliau yaitu bidang penyiaran atau broadcasting.
Untuk riwayat pendidikan, beliau telah menamatkan pendidikan S1 jurusan Ilmu Komunikasi di Universitas Sebelas Maret dan saat ini sedang menempuh pendidikan S2 jurusan Ilmu Komunikasi pula pada universitas yang sama.
Sebagai seorang pemimpin khususnya Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Surakarta, beliau tentunya memiliki program-program dan target untuk jurusan yang dipimpinnya. Program-program yang telah dilakukan diantaranya Seminar Remaja Digital, Semiloka Komunikasi, Studi Banding ke NTU (Nanyang Technology University) Singapura, Career Day, Workshop Metode Penelitian dan masih banyak lagi dalam kurun waktu periode 2011-2012.
Targetnya dahulu ketika diangkat menjadi kajur tidak muluk-muluk, beliau hanya ingin jurusan yang dipimpinnya tersebut memiliki akreditasi. “Dapet akreditasi C juga gak masalah, karena program studi ini memang masih terbilang baru”, ungkapnya. Tetapi ternyata berkat kerja keras dan dedikasinya pada program studi ilmu komunikasi ini, akhirnya Akreditasi B pun bisa dikantongi setelah beberapa prosedur dan audit yang harus dijalani.  
Berbeda dengan dahulu, target sang kajur pun lebih global. Beliau menginginkan agar ilmu komunikasi UMS lebih dikenal masyarakat luas dan industri ilmu komunikasi (dunia kerja) sehingga alumni ilmu komunikasi UMS bisa diterima di industri global (kerja). “Salah 1 contoh bisa dicapai dengan aktivitas magang yang sedang teman-teman angkatan 2009 jalani, yang secara eksternal aktivitas magang itu akan membawa nama almamater Ilmu Komunikasi UMS dan secara internal membangun karakter mahasiswa terutama secara akademik agar memiliki mental yang tahan banting ketika mereka bekerja nantinya”, tutur sang Kajur saat diwawancarai.
 Karena pada dasarnya lingkungan dunia akademik yaitu perkuliahan di universitas akan sangat berbeda dengan dunia kerja yang nantinya akan dihadapi oleh mahasiswa setelah lulus.  “Misalnya pada bidang broadcast yaitu dikerjar deadline dari atasan dan pada bidang public relations mengatasi masalah dan tekanan (pressure) pada instansi dia bekerja”, lanjutnya. (Tiyas Arum Sari)

1 komentar:

  1. saya berpendapat bahwa miss rina adalah sosok kajur ikom, dosen, & wanita yang hebat.
    dengan melihat sosoknya yang begitu luar biasa, saya jadi tidak enak hati untuk bilang kalau saya adalah mahasiswanya.
    mungkin beliau kecewa dengan saya karna saya belum menampakkan pendirian yang kuat dan tegas sebagai mahasiswanya.
    padahal beliau begitu tegas & disiplin.
    huh.....

    BalasHapus