Kamis, 14 Juni 2012







Profile Jurusan Ilmu Komunikasi

Berdiri pada tahun 2006 dengan SK no. 22296/D/T/2006, Prodi Ilmu Komunikasi dikelola di bawah Fakultas Komunikasi dan Informatika. Bergerak di bawah bendera Muhammadiyah.
Prodi Ilmu Komunikasi bertekad untuk membentuk sumber daya manusia yang berlandaskan pada nilai-nilai keislaman. Penjaminan mutu pembelajaran kami telah dijamin dengan status Akreditasi BAN PT “B” dengan SK no. 023/BAN-PT/Ak-XIII/S1/X/2010.
Kurikulum diupdate setiap 4 tahun sekali untuk mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi serta permintaan tenaga kerja di lapangan. Mulai tahun 2011, Prodi Ilmu Komunikasi memiliki tiga konsentrasi yang akan ditempuh mahasiswa mulai semester 4:
1. Jurnalistik (Wajib)
2. Broadcast and Cinema (Pilihan)
3. PR and Marketing Communications (Pilihan)
Dengan total mahasiswa sekitar 850 mahasiswa, mulai tahun 2010 Prodi Ilmu Komunikasi membuka kelas Internasional dengan bahasa pengantar bahasa inggris. Kuota kelas hanya dibatasi   sampai 15 mahasiswa/ kelas yang memungkinkan interaksi dosen mahasiswa lebih intensif.
Kelas Internasional
Kelas internasional dibuka dengan tujuan untuk memperkuat kompetensi lulusan FKI UMS dengan kemampuan bahasa Inggris dan pengalaman internasional. Salah satu kelemahan kebanyakan lulusan sarjana Indonesia adalah kemampuan bahasa Inggris yang minim. Dapat dipastikan para manajer akan lebih memilih calon karyawan yang memiliki kompetensi bahasa Inggris lebih tinggi dari pada yang tidak.
FKI mulai menyelenggarakan kelas internasional pada tahun akademik 2009/2010 untuk Jurusan Teknik Informatika dan Ilmu Komunikasi pada tahun akademik 2010/2011. Khusus untuk jurusan Ilmu Komunikasi, mahasiswa kelasinternasional akan diarahkan pada konsentrasi Broadcasting.
       Kelas internasional akan melatih mahasiswa dengan percakapan bahasa Inggris akademik di kelas dan percakapan bahasa Inggris sehari-hari di Pondok Internasional karena kemampuan bahasa lebih banyak dipengaruhi oleh kebiasaan . Oleh karena itu, menjadi mahasiswa kelas internasional menjadi titik pijak untuk memperoleh kemampuan itu.
Kegiatan Akademik
Kegiatan akademik di FKI UMS ditunjang berbagai fasilitas lab antara lain: Lab Komputer, Lab Jaringan Komputer, Lab Radio, Lab Studio Televisi, Lab Fotografi dan Lab Video Editting. Beberapa fasilitas lab masih dikembangkan, seperti Lab Sistem Informasi. Di samping itu, akses terhadap ratusan ribu buku dan jurnal dapat dilakukan di perpustakaan UMS. (Koni Setiaji)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar