Jumat, 22 Juni 2012


Buku Ilmu Komunikasi UMS “Remaja Digital”


Perkembangan digital media (new media) dalam bentuk internet dan mobile phone telah banyak mengubah remaja saat ini dalam hal belajar, bersosialisasi dengan orang lain, bermain dan berpartisipasi di tengah lingkungan  hidup sosial mereka. Mereka dapat mengakses segala informasi, dan berinteraksi dengan orang-orang dari luar yang memiliki kebudayaan yang sama sekali berbeda, tidak pernah bertemu dan tanpa adanya dinding pembatas yang dapat menghalangi mereka untuk berinteraksi. Para remaja juga dapat bermain dengan menggunakan games on-line dan langsung terhubung dengan banyak pemain di berbagai belahan dunia yang berbeda. Layaknya dua sisi mata uang, fenomena ini tentu saja memiliki dampak positif dan negatif. Di satu sisi, remaja dapat melakukan proses pembelajaran lebih efektif, karena mereka memiliki akses yang luas terhadap informasi. Namun di sisi lain, penggunaan media yang tidak bijaksana, menjadi boomerang buat diri sendiri. Sehingga, disebut sebagai Remaja Digital (Learn, Play,Socialize, Participate).
Buku ini selain menjelaskan fenomena tersebut diatas juga menjelaskan bagaimana etika dalam menghadapi new media sebagai trend masa kini, membeberkan juga bagaimana perubahan sosial yang ditimbulkan akibat adanya media baru. Sehingga diharapkan mahasiswa dapat mengambil manfaat dari buku ini, terutama untuk kajian mahasiswa Ilmu Komunikasi untuk mengetahui bagaimana perjalanan media saat ini.
Buku milik Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Surakarta bekerjasama dengan Monumen Pers Surakarta UPT Kementrian Komunikasi dan Informatika RI dan ASPIKOM (Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi) ini diluncurkan pada tahun 2011.(Lutfhi Wafiyati)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar