Buku Ilmu Komunikasi
UMS “Remaja Digital”
Perkembangan
digital media (new media) dalam
bentuk internet dan mobile phone
telah banyak mengubah remaja saat ini dalam hal belajar, bersosialisasi dengan
orang lain, bermain dan berpartisipasi di tengah lingkungan hidup sosial mereka. Mereka dapat mengakses
segala informasi, dan berinteraksi dengan orang-orang dari luar yang memiliki
kebudayaan yang sama sekali berbeda, tidak pernah bertemu dan tanpa adanya
dinding pembatas yang dapat menghalangi mereka untuk berinteraksi. Para remaja
juga dapat bermain dengan menggunakan games on-line dan langsung terhubung
dengan banyak pemain di berbagai belahan dunia yang berbeda. Layaknya dua sisi
mata uang, fenomena ini tentu saja memiliki dampak positif dan negatif. Di satu
sisi, remaja dapat melakukan proses pembelajaran lebih efektif, karena mereka
memiliki akses yang luas terhadap informasi. Namun di sisi lain, penggunaan
media yang tidak bijaksana, menjadi boomerang buat diri sendiri. Sehingga,
disebut sebagai Remaja Digital (Learn,
Play,Socialize, Participate).
Buku
ini selain menjelaskan fenomena tersebut diatas juga menjelaskan bagaimana
etika dalam menghadapi new media sebagai trend masa kini, membeberkan juga
bagaimana perubahan sosial yang ditimbulkan akibat adanya media baru. Sehingga
diharapkan mahasiswa dapat mengambil manfaat dari buku ini, terutama untuk
kajian mahasiswa Ilmu Komunikasi untuk mengetahui bagaimana perjalanan media
saat ini.
Buku
milik Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Surakarta bekerjasama dengan
Monumen Pers Surakarta UPT Kementrian Komunikasi dan Informatika RI dan ASPIKOM
(Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi) ini diluncurkan pada tahun 2011.(Lutfhi Wafiyati)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar