Kamis, 14 Juni 2012

Profil Alumni Ilmu Komunikasi UMS

Umi Kulsum (alumni Ilmu Komunikasi UMS angkatan 2007), biasa dipanggil Umi. Lahir pada tanggal 21 Maret 1989 tepatnya di Kab. Semarang, dan merupakan putri ke-2 dari 3 bersaudara. Penyuka  jalan-jalan dan hal-hal baru ini,memiliki prinsip pada satu tekad yaitu menjalani kehidupan dengan sebaik mungkin tanpa adanya niat untuk menyakiti dan merugikan orang lain.
Hal pertama yang menarik gadis lulusan dari SMA Negeri TENGARAN 1 ini adalah maraknya perbincangan mengenahi perkuliahan komunikasi ketika ia bersekolah. Dengan ambisi nya tersebut, ia bertekad  harus masuk dalam jurusan ilmu komunikasi.  Maka dipilihnyalah  progdi Ilmu Komunikasi di UMS, dengan harapan akan mendapatkan ilmu yang ia inginkan.
          Menjadi maru adalah salah satu hal yang mungkin terasa tidak mengenakkan, begitu pula yang Umi alami. Awalnya, iapun merasa  aneh kuliah di komunikasi UMS. ia berfikir kuliah komunikasi, tapi kok pelajarany IPS. Rasa malaspun sempat menghampirinya, namun disitu ia malah menemukan sahabat hebat yang membuatnya tetap merasa nyaman kuliah di ikom UMS.
2 semesterpun telah ia lewati, It’s a true life..
 Di mulailah saat-saat di mana ia merasakan “ini lho, kuliah yang sebenarnya”. Banyak mata kuliah lapangan dan bukan seperti anak SMA yang hanya melihat white board sama ndengerin dosen ngajar.
Dan lama-lama pun Umi mendapatkan banyak hal yang membuatnya menikmati proses menjadi sarjana. lama-lama jadi mahasiswa itu rasanya sesuatu daripada ketika selesai pendadaran” ungkap gadis yang juga menemukan pujaan hatinya di di fakultas yang sama.
Untuk dukanya, ia malah sulit untuk menjelaskan, karena bagi Umi, banyak menemukan hal-hal yang mengasyikkan selama menjadi mahasiswa ikom UMS. baginya, semua hal yang pernah ia lalui selama menjadi mahasiswa ikom di UMS adalah hal yang tak terlupakan, dan merupakan hal yang “ISTIMEWA”.
“Selama menjadi mahasiswa Ikom, ada satu dosen yang jadi favorit Umi juga lho.. He is Mr. Joko Sutarso. Kenapa? Karena bagiku pak Joko adalah dosen yang baik dan nilai-nilai dari beliaupun pasti memuaskan. Entah jodoh atau apa namanya, tapi aku sering sekali bertemu dengan pak Joko dari awal semester. Mulai dari kelas ilmu politik, kelas kuliah magang, bahkan skripsipun pengampunya pak Joko.” Ungkap Umi yang telah menyelesaikan studi S1 nya di Ikom UMS dengan judul skripsi ‘PENGARUH KOMUNIKASI KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA GURU DAN KARYAWAN(Studi Kuantitatif pada Pengaruh Komunikasi Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru&Karyawan SLTP-SLTA Bina Insani Kab. Semarang Tahun 2011) dengan Nila AB.
Umi pun telah diwisuda pada bulan Mei 2012. Untuk sementara, kegiatan Umi adalah membantu bisnis keluarga. Baginya, tidak kerja kantoran, bukan berarti apa yang ia dapat dalam perkuliahan tidak berguna, karena sebenarnya perkualiahan selama ini, bukanlah  satu-satunya ilmu yang ia dapat. Pengalaman dalam bergaul bersama teman, bersosialisasi dengan dosen, serta pengalaman yang ia dapat selama kuliah dapat juga diaplikasikan dalam dunia bisnis dan lingkungan sekitar.
Jadi buat calon sarjana komunikasi UMS berikutnya, tetaplah semangat, nikmatilah apa yang sedang kalian kerjakan yang terpenting adalah selesaikanlah apa yang menjadi tanggung jawab dengan semaksimal mungkin. Yakinlah tidak akan pernah ada ilmu dan pengalamaan yang tidak berguna. Love u all..... (Dewi Kartika Sari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar