Jumat, 22 Juni 2012



Profile Dosen Briliantina L. Hidayat


Membaca dan Menulis adalah hobi dari wanita ini. Lahir di Magelang, 4 Agustus dengan nama Briliantina L. Hidayat. Salah satu pengajar pada Program Studi Ilmu Komunikasi UMS ini merupakan dosen tamu sekaligus praktisi untuk jurusan tersebut. Bidang yang dikuasai beliau adalah Periklanan atau Advertising. Beliau mulai mengajar di Ilmu Komunikasi UMS sejak tahun 2006, yaitu sejak Ilmu Komunikasi didirikan.
Alumni Universitas Sebelas Maret dengan jurusan Komunikasi Massa ini adalah wanita yang ceplas-ceplos, ramah, dan supel. Pribadi yang mudah akrab dengan mahasiswanya ini merupakan salah satu dosen favorit pada Program Studi Ilmu Komunikasi. Banyak mahasiswa yang berkonsultasi dengan beliau baik masalah perkuliahan maupun hal lainnya.
“Good is never Enough, be extraordinary” adalah motto hidupnya. Sesuai dengan motto hidup beliau, karya-karyanya memang luar biasa terutama pada bidang keahliannya yaitu industri periklanan. Pengalaman beliau pun juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Sebut saja Ungaran Sari Garmen, Tira Fashion, Megaria Mas, Lowe Advertising, Inteface Advertising, Freshblod Communication, dan Bahana Pro adalah beberapa perusahaan yang memilih beliau untuk bergabung di dalamnya sebagai team work.
Tak hanya itu, beliau juga memiliki pengalaman kerja Freelance diantaranya di Arteri communication, Rempah Rumah Karya, Ufuk Publishing, Rp 7, Hollan, Seraton Antique Butique, Muamalat Dollar, Zelena Plus, dan Tika Utama. Karena itulah beliau dipilih menjadi salah satu pengajar pada program studi Ilmu Komunikasi terutama untuk Jurusan Public Relations and Marketing Communication.
Sesuai bidangnya, mata kuliah yang diampu beliau adalah pada bidang periklanan antara lain Dasar-dasar Periklanan, Manajemen Periklanan, Copy Writing, Branding dan Strategic Planning. Tentunya sebagai praktisi, beliau memiliki client dan karya-karya yang telah dibuat antara lain Koran Jogja, Sunlight, Bank Mega, Clear, Jetzet, VW, Solopos, Suara Merdeka, Saudagar, dan Hotel Sunan.
Sebagai salah satu dosen pada Program Studi Ilmu Komunikasi, tentunya beliau mempunyai pandangan terhadap Ikom UMS. “Lulusannya masih akan selalu dipakai, selama masih ada produk yang butuh pemasaran. Karena setiap produk pasti memerlukan konsumen agar jualannya laku”, ungkapnya.
 Dalam perkuliahan terutama pada program studi Ilmu Komunikasi ini, mahasiswa Jurusan Public Relations and Marketing Communication diberikan materi tentang marketing dan pemasaran sesuai bidang keahlian Bu Ian. “Dan lulusan komunikasi ini memiliki kompetensi untuk itu. Sehingga lulusan ilmu komunikasi tetap akan dipakai, tetapi juga tetap tergantung pada kemampuan dari masing-masing individunya. Mau belajar dan mengembangkan pengetahuan atau tetap jalan ditempat”, ujarnya saat diwawancarai. (Tiyas Arum Sari)

1 komentar:

  1. menurut saya pribadi, madambriliantina ini memang sosok dosen yang ramah pada semua mahasiswanya, tapi sayangnya masih ada mahasiswa yang mnegcewakan beliau.
    ya, sperti saya ini....

    BalasHapus